4 Cara Mengatasi Laptop Lemot yang Wajib Dicoba, Pasti Langsung Ngebut dan Lancar!

Layaknya produk elektronik yang lain, laptop juga dapat mengalami penurunan performa seiring dengan semakin lama digunakan. Kondisi tersebut merupakan hal yang wajar, meskipun laptop anda mempunyai spesifikasi yang tinggi. Namun jangan terburu buru untuk mengganti dengan laptop baru, karena cara mengatasi laptop lemot berikut ini bisa anda coba untuk mengembalikan performanya.

Cara Membuat Laptop Tidak Lemot

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Laptop yang menyimpan banyak sekali aplikasi memang wajar akan menjadi lemot, karena sudah tidak ada ruangan yang cukup untuk bekerja. Sehingga ada baiknya anda menyaring semua aplikasi yang ada di laptop, dan pilih mana aplikasi yang dibutuhkan dan mana aplikasi yang tidak begitu penting.

Hapus beberapa aplikasi tidak penting yang sudah tidak pernah digunakan untuk memperluas kapasitas RAM. Anda juga bisa mempertimbangkan kembali apabila terdapat beberapa aplikasi yang sama. Cukup pilih salah satu saja yang mampu memenuhi kebutuhan, sisanya bisa dipertimbangkan untuk uninstall.

2. Hapus File di Recycle Bin

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya yaitu dengan menghapus file yang ada di recycle bin. Umumnya, file yang telah dihapus dengan cara delete biasa memang akan tersimpan di folder Recycle Bin, jadi tidak langsung terhapus secara permanen dari perangkat laptop. Tujuannya adalah supaya anda bisa mengembalikan file yang tidak sengaja ikut terhapus.

Memang sangat membantu, sehingga anda tidak sampai kehilangan file penting dari perangkat. Namun sebaiknya anda jangan pernah lupa untuk secara rutin membersihkan file sampai di folder tersebut. Sebab jika dibiarkan dapat memenuhi kapasitas memori dan membuat laptop menjadi lemot. Cara membersihkan Recycle Bin sendiri sangat mudah, hanya dengan klik kanan dan pilih menu empty.

3. Menggunakan Virtual Memory

Teknologi di era modern seperti sekarang sudah berkembang sangat pesat. Sehingga anda dapat menemukan yang namanya virtual memory untuk menyimpan berbagai data penting. Virtual memory ini bisa menjadi alternatif tambahan RAM. Jadi kapasitas memori di laptop tidak akan sampai penuh, dan semua data penting anda tetap tersimpan dengan baik.

Untuk menggunakan virtual memory sebagai cara mengatasi laptop lemot, anda bisa masuk ke dalam control panel terlebih dahulu. Berikutnya klik System and Security, lalu pilih System. Berikutnya cari opsi Advanced System dan klik Advanced. Pada bagian tab Advanced tersebut, anda bisa menemukan bagian Performance.

Maka tekan Setting dan masuk kembali pada bagian tab Advanced. Di sana akan muncul pilihan Virtual Memory yang bisa dipilih. Klik Change, lalu hilangkan tanda centang yang terdapat pada automatically manage paging file size for all drives. Kemudian terakhir anda bisa memberi centang dan tekan set pada Custom Size.

4. Memperbesar RAM

Selain menggunakan virtual memory, anda juga dapat melakukan perbesaran RAM sebagai salah satu cara mengatasi laptop lemot. Cara ini bisa dibilang yang paling ampuh untuk dilakukan. Sebab salah satu penyebab utama yang membuat laptop menjadi lemot adalah kurangnya ruang penyimpanan pada perangkat.

Oleh karena itu, anda bisa melakukan perbesaran RAM sebagai cara mengatasinya. Dimana untuk memperbesar RAM sendiri, anda perlu mengecek terlebih dahulu apakah RAM milik anda SODIMM atau bukan. Kemudian cek juga apakah RAM DDR3 atau DDR4. Namun cara ini dilakukan dengan membongkar bagian belakang laptop, jadi sebaiknya harus dilakukan oleh ahli.

Itulah sederet cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop lemot. Untuk menjaga performa perangkat tetap terjaga, ada baiknya anda melakukan pembersihan secara berkala dan menerapkan beberapa cara seperti di atas. Sehingga laptop akan dapat digunakan dalam waktu lama dengan kinerja yang ngebut sekaligus lancar.